Abstrak |
: |
Sri Hasmulia, 20171148. Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Tanete Riaja Kabupaten Barru. Dibimbing: H. A. Russeng dan Herlina Amrianah.
Penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan mobile banking terhadap tingkat kepuasan nasabah dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan mobile banking terhadap tingkat kepuasan nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Tanete Riaja Kabupaten Barru.Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel berjumlah 85 responden, menggunakan uji analisis statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, dan uji regresi linear sederhana. Untuk pengolahan data menggunakan program SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan Ada pengaruh penggunaan mobile banking terhadap tingkat kepuasan nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Tanete Riaja Kabupaten Barru yang artinya H1 diterima, dimana berdasarkan uji validitas dan reliabilitas semua instrumen dikatakan valid dan reliabel. Hasil tersebut berarti pernyataan yang digunakan benar- benar handal dan mengukur apa yang ingin diketahui oleh peneliti. Pada uji validitas semua item memperoleh rhitung lebih besar dari rtabel (0.213) dan pada uji reliabilitas variabel pengaruh penggunaan mobile banking (X) dan variabel tingkat kepuasan nasabah (Y) mendapatkan nilai Cronbach’s Alpha diatas 0.60. Besarnya pengaruh penggunaan mobile banking terhadap tingkat kepuasan nasabah sebesar 65.5% dan berdasarkan uji analisis regresi linear sederhana menyatakan bahwa pengaruh tersebut kuat sesuai dengan tingkat hubungan nilai koefisien korelasi.
Kata Kunci: Mobile Banking, Kepuasan Nasabah
|