Abstrak |
: |
Serly Utami Putri. Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan
Mangempang Kabupaten Barru. Pembimbing : H. Hafid Abdul Razak dan Ibu Hj.
Aidah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dan faktor-
faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik di Kantor Kelurahan Mangempang
Kabupaten Barru. Dalam penelitian ini digunakan tipe penelitian kualitatif, jenis data yang
digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang diterapkan
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan di Kantor Kelurahan
Mangempang dari 5 indikator seperti Tangibles (Bukti Fisik), Reability (Kehandalan),
Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati) menunjukan
bahwa kualitas pelayanan sudah cukup baik, namun perlu adanya perbaikan seperti
keyamanan tempat pelayanan, keahlian pegawai dalam menggunakan alat pelayanan dan
ketidakramahan dalam melayanan pengguna layanan. Faktor-faktor yang mempengaruhi
kualitas pelayanan publik yang menghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor
Kelurahan Mangempang adalah kurangnya SDM dan masih kurangnya sarana dan
prasarana sedangkan faktor pendukungnya adalah semangat yang diberikan pegawai satu
sama lain, mengadakan rapat kooordinasi atau melakukan evaluasi setiap tiga bulan,
kemudian memberikan penanaman kesadaran kepada masyarakat. |