Abstrak |
: |
ABSTRAK
Nurul Amaliah. 20181189. Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Pada Terminal
Penumpang Pelabuhan Laut Awerange Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Pembimbing : H.A.Russeng dan H. Arifin K.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya peningkatan kualitas pelayanan jasa pada Terminal Penumpang Pelabuhan Laut Awerange Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi upaya peningkatan kualitas pelayanan jasa pada Terminal Penumpang Pelabuhan Laut Awerange Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif, jenis data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder, disertai teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan yaitu, melalui tahap pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya peningkatan kualitas pelayanan jasa pada Terminal Penumpang Pelabuhan Laut Awerange Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru sudah baik, yang didasarkan pada analisis data indikator, bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance), dan empati (empathy), serta faktor-faktor yang mempengaruhi upaya peningkatan kualitas pelayanan jasa pada Terminal Penumpang Pelabuhan Laut Awerange Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru, adalah kepemimpinan, semangat kerja tim, kepuasan kerja petugas, dan teknologi.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Jasa, Pelabuhan.
|