Cover
Judul : KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAN PEMBANTU (PUSTU) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT DUSUN LEMO DESA HARAPAN KECAMATAN TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU
Penulis : SUDIRMAN
Jurursan : ADMINISTRASI PUBLIK
Prodi : ADMINISTRASI PUBLIK
Tahun Terbit : 2019
Abstrak : Sudirman, 20191147, Kualitas Pelayanan Puskesmas Pembantu (PUSTU) Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Dusun Lemo Desa Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru, yang dibimbing oleh Dian Pratiwi dan Andi Muhammad Ishak Ismail. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Pembantu (PUSTU) Dusun Lemo Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru dan juga untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan Masyarakat dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Pembantu (PUSTU) Dusun Lemo Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Pembantu (PUSTU) Dusun Lemo Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru melalui indicator kualitas pelayanan yakni Fasilitas Fisik (tangible), Keandalan (reability), Jaminan (Assurance), Ketanggapan (Responsiveness), Perhatian (Empathy). Dalam hal ini PUSTU telah menunjukkan kemampuan pemberi layanan semaksimal mungkin dengan memberikan pelayanan yang akan memenuhi harapan dan kepuasan pasien meskipun sebenarnya masyarakat belum terlalu puas dikarenakan kondisi fasilitas fisik yg ada di PUSTU masih kurang memadai, seperti kurangya tempat duduk, kasur untuk pasien, alat stering, brangkar, tempat sampah dan lain lain yang disebabkan karna kurangnya dukungan dari pemerintah daerah; perencanaan yang tidak terintegrasi diberbagai tingkat admisistrasi di pemerintah daerah; serta kurangnya penyelenggaraan dan penganggaran diklat bagi tenaga kesehatan di PUSTU. Kata kunci: Pelayanan, Puskesmas, Kesehatan, Sumber Daya Manusia
Koleksi Perpustakaan
Tautan