Abstrak |
: |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan produk pegadaian dalam meningkatkan jumlah nasabah di Unit Pelayanan Syariah Cempae Kecamatan Segeri
Kabupaten Pangkep. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah nasabah dalam pengelolaan produk pegadaian di Unit Pelayanan Syariah Cempae Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep. Tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis data adalah kualitatif dan sumber data adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data adalah a. Pengumpulan Data (Data Collection), b. Mereduksi Data (Data Reduction), c. Menyajikan Data (Data Display), dan d. Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing/Verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan produk pegadaian dalam meningkatkan jumlah nasabah di Unit Pelayanan Syariah Cempae Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep sudah berjalan dengan baik. Kesimpulan ini didasarkan atas terpenuhinya seluruh indikator penelitian mengenai fungsi-fungsi manajemen, yaitu: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling). Kemudian upaya meningkatkan jumlah nasabah dalam pengelolaan produk pegadaian di Unit Pelayanan Syariah Cempae Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep, seperti menawarkan produk pegadaian yang menarik, kemudahan persyaratan, menawarkan jasa yang terjangkau, menawarkan berbagai hadiah, dan meningkatkan kualitas pelayanan belum sepenuhnya mampu meningkatkan jumlah nasabah. |