Abstrak |
: |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pendataan
masyarakat miskin penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kelurahan Sumpang Binangae
Kabupaten Barru. Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pendataan masyarakat miskin
penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kelurahan Sumpang Binangae Kabupaten Barru. Dengan
menggunakan tipe penelitian kualitatif, jenis data yang digunakan terdiri dari data primer dan data
sekunder, disertai teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan yaitu, melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pendataan
masyarakat miskin penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kelurahan Sumpang Binangae
Kabupaten Barru sudah cukup puas. Kesimpulan ini didasarkan atas terpenuhinya 11 indikator
penelitian yaitu prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan
petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan
pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kenyamanan
lingkungan, dan keamanan pelayanan. Adapun 3 indikator yang tidak terpenuhi yaitu kewajaran biaya
pelayanan, biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan. Faktor-faktor yang menghambat pendataan
masyarakat miskin penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kelurahan Sumpang Binangae
Kabupaten Barru yaitu adanya masyarakat yang tidak berada di rumah pada saat petugas akan
melakukan pendataan terhadap masyarakat calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT). |