Abstrak |
: |
Edwin Setiawan 20171056. Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi
Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barru.
Dibimbing oleh Nurlia dan Marsuki.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap
pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Barru. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor yang
mendukung kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan di
Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang
digunakan adalah deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah
orang-orang yang memahami kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi
kependudukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barru.
Sumber data adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data
diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data
melalui triangulasi. Kemudian teknik analisis data adalah pengumpulan data (data
collection), mereduksi data (data reduction), menyajikan data (data display), dan
penarikan kesimpulan (conclution drawing/verification).
. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepuasan masyarakat terhadap
pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Barru sudah terlaksana dengan baik. Kesimpulan ini didasarkan atas
terpenuhinya seluruh indikator penelitian seperti: adanya kesesuaian kualitas
pelayanan dengan tingkat harapan, adanya kepuasan apabila dibandingkan dengan
yang sejenis, dan tidak ada pengaduan masyarakat. Kemudian faktor-faktor yang
mendukung kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan di
Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barru adalah kesadaran,
aturan, pendapatan, kemampuan dan sarana pelayanan. |