Abstrak |
: |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan Bantuan Sosial Tunai (BST)
terhadap masyarakat miskin dan kepuasan masyarakat dalam pelayanan tersebut ,dengan
metode penelitian Kualitatif, jenis data yang digunakan terdiri dari data perimer dan data
sekunder, sumber data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, Sedangkan
teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta
penarikan kesimpulan dan verfikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas Pelayanan Bantuan Sosial Tunai (BST)
terhadap masyarakat miskin di Desa Madello sudah cukup baik dilihat dari indikator
ketangkapan fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan kepastian, serta empati. Sedangkan
Kepuasan masyarakat miskin dalam pelayanan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Desa Madello
sudah cukup baik atau puas, berupa Prosedur pelayanan, Persyaratan Pelayanan, Kejelasan
petugas pelayanan, Kedisiplinan petugas pelayanan, Tanggung jawab petugas pelayanan,
Kemampuan petugas pelayanan, Kecepatan pelayanan, Keadilan mendapatkan pelayanan,
Kesopanan dan keramahan petugas, Kewajaran biaya pelayanan, Kepastian jadwal pelayanan,
Kenyamanan lingkungan, serta Keamanan Pelayanan. |