Abstrak |
: |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kredit cepat aman
(KCA) kepada nasabah dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat
implemetasi kredit cepat aman (KCA) kepada nasabah di kantor PT. Pegadaian
Persero cabang barru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif,
teknik pengumpulan data melalaui, observasi, wawancara, dan dokumentasi,
dengan teknik analisi data menggunakan, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kredit Cepat Aman
Kepada Nasabah Di Kantor PT. Pegadaian Persero Cabang Barru telah berjalan
dengan baik berdasarkan empat indikator menurut Geore C. Edward yang
digunakan. Pertama komunikasi, informasi yang diberikan oleh pemberi Kredit
Cepat Aman (KCA) dapat tersampaikan dengan baik. Hal ini ditinjau dari 15
nasabah menyatakan memahami penggunaan atau implementasi Kredit Cepat
Aman. Kedua, sumber daya pada implementasi Kredit Cepat Aman di Kantor PT.
Pegadaian Persero Cabang Barru memiliki sarana dan prasarana yang sangat
memadai sehingga memudahkan pelayanan. Ketiga, disposisi seluruh pelaksanaan
Kredit Cepat Aman (KCA) di Kantor PT. Pegadaian Persero Cabang Barru
dilakukan oleh pihak-pihak yang memeiliki wewenang atau jobdesc dan tanggung
jawab. Keempat birokrasi, seluruh proses implementasi Kredit Cepat Aman
(KCA) di Kantor PT. Pegadaian Persero Cabang Barru diawasi oleh OJK dan
memiliki SOP. Hal ini menjadi acuan dalam pelaksanaan kebijakan yang sesuai
dengan tujuan dan saran. Faktor-faktor yang menjadi penghambat Implementasi
Kredit Cepat Aman Di Kantor PT. Pegadaian Persero Cabang Barru yaitu
hambatan dalam memberikan informasi kepada nasabah usia lanjut, dan
kurangnya dukungan yang disebabkan karakter nasabah yang kurang disiplin
dalam membayar pinjaman sesuai dengan tenggak waktu. |