Abstrak |
: |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan
IGD di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, dan untuk mengetahui faktor-faktor
yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan IGD rumah sakit
Universitas Hasanuddin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien peserta
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Non-BPJS. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan 3 metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan 3 tahap, yaitu kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya untuk pemeriksaan
keabsahan data dilakukan dengan Uji kredibilitas, Uji ketergantungan, Uji
transferabilitas, Uji Konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat
(IGD) pada pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan NonBPJS
dilihat
dari
5
dimensi
yaitu
Keandalan,
Daya
Tanggap,
Jaminan,
Empati,
dan
Bukti
Fisik dapat dikatakan cukup memuaskan. Adapun faktor-faktor yang
mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan IGD RSUH meliputi
kenyamanan, hubungan pasien dengan petugas rumah sakit, kompetensi teknis
petugas, dan biaya. |