Cover
Judul : ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) BAGI PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DAN NON-BPJS DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDD
Penulis : MASITA RUSLI
Jurursan : ADMINISTRASI PUBLIK
Prodi : ADMINISTRASI PUBLIK
Tahun Terbit : 2020
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan IGD di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan IGD rumah sakit Universitas Hasanuddin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Non-BPJS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan 3 tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya untuk pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan Uji kredibilitas, Uji ketergantungan, Uji transferabilitas, Uji Konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) pada pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan NonBPJS dilihat dari 5 dimensi yaitu Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan Bukti Fisik dapat dikatakan cukup memuaskan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan IGD RSUH meliputi kenyamanan, hubungan pasien dengan petugas rumah sakit, kompetensi teknis petugas, dan biaya.
Koleksi Perpustakaan
Tautan