Abstrak |
: |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Dinas Koperasi, Usaha
Kecil Menengah dan Perdagangan dalam pelayanan penerimaan retribusi parkir dan
untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat kinerja Dinas Koperasi, Usaha
Kecil dan Menengah dan Perdagangan dalam pelayanan penerimaan retribusi parkir
di Pasar Sentral Mattirowalie . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja Dinas Koperasi, Usaha Kecil
Menengah dan Perdagangan terlaksana dengan baik dengan terpenuhinya seluruh
indikator kinerja yaitu kuantitas pekerjaan, kualitas pekerjaan, kemandirian,
inisiatif, adaptabilitas dan kerjasama. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat
kinerja Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan dalam pelayanan
penerimaan retribusi parkir di Pasar sentral Mattirowalie Barru ada tiga yaitu
kualitas dan kemampuan pegawai, sarana pendukung dan supra sarana. |