Abstrak |
: |
Eka Sariana 20191071. Implementasi Penggunaan Aplikasi Pengaduan
Masyarakat (ALPUKAT) di KORAMIL 1405-06/Barru. Dibimbing oleh
Mukmin Muhammad dan Alwi A. Buraerah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Penggunaan Aplikasi
Pengaduan Masyarakat (ALPUKAT) di KORAMIL 1405- 06/Barru, faktor–faktor
yang mempengaruhi Implementasi Penggunaan Aplikasi Pengaduan Masyarakat
(ALPUKAT) di KORAMIL 1405-06/Barru. Jenis penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif, subjek penelitian yang diperoleh dengan cara: observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan datanya adalah uji kredibilitas, uji
keteralihan, uji kebergantungan, dan uji kepastian. Teknik analisis datanya yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penggunaan aplikasi
pengaduan masyarakat (ALPUKAT) di KORAMIL 1405-06/Barru melalui
indikator sudah terimplementasikan dengan baik, namun masih ada beberapa
indikator yang belum optimal seperti sumber daya yang masih perlu ditinjau
kembali demi kelancaran pengimpelemtasian penggunaan aplikasi ini, sedangkan
faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi pengaduan masyarakat
(ALPUKAT) di KORAMIL 1405-06/Barru yaitu faktor yang terletak pada
rumusan kebijakan, faktor yang terletak pada personil pelaksana, dan faktor yang
terletak pada sistem organisasi pelaksana.
Kata Kunci : Implementasi, Aplikasi Pengaduan Masyarakat (ALPUKAT) |