Abstrak |
: |
Fadilah. 20171046. Implementasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) pada Inspektorat Pemerintah Kabupaten Barru. Pembimbing : H. Kamaruddin Hasan dan Masyitah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) pada Inspektorat Pemerintah Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif, sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi aplikasai SP4N-LAPOR sudah terimplementasi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik dengan indikator penelitian menurut Edwards yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi SP4NLAPOR terbagi menjadi dua yaitu faktor penghambat yang meliputi sarana dan prasarana, data dan informasi, komunikasi serta anggaran dan faktor pendorong meliputi sumber daya manusia, komitmen kerja dan sosialisasi.
|